Waspala

Subscribe:

Jumat, 29 Mei 2015

Tanggung Jawab Untuk Menjadi Dewasa




       Tanggung jawab merupakan hal yang harus dimiliki setiap manusia. Tanggung jawab berarti seseorang berani untuk menanggung setiap akibat dari pilihan yang diambil atau juga dari perbuatan yang pernah dilakukan.

            Tidak semua tanggung jawab berasal dari pilihan atau tindakan yang buruk tetapi ada juga hal baik yang memberi tanggung jawab bergitu besar. Sebagai contoh seorang guru memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan ilmu kepada muridnya.

            Tanggung jawab merupakan hal yang selalu diajarkan kepada kita sejak kita masih kecil. Itu berarti tanggung jawab merupakan hal yang sangat penting. Namun banyak dari kita yang mengabaikannya dan memilih untuk lari dari tanggung jawab yang dipikulnya.

            Semakin berat tanggung jawab yang dipikul seseorang maka semakin besar pula dia akan memilih untuk lari dari tanggung jawab itu. tanggung jawab menjadi hal yang sangat menakutkan namun lebih menakutkan ketika kita lari dari tanggung jawab.

            Walaupun kita mencoba menghindar dari tanggung jawab sebenarnya tanggung jawab selalu dating kembali. Ketika kita lari maka tanggung jawab akan mengejar sehingga lebih baik bagi kita untuk memiliki rasa tanggung jawab yang besar.

            setiap orang memliki pilihan untuk menanggung tanggung jawab atau lari menghindarinya. Sebagian dari kita mungkin memilih untuk menghindar. Tekadang itu pillihan yang tepat karena mungkin saja kita belum siap untuk menanggung beban itu. Namun sampai kapan kita akan lari dari tanggung jawab.

            Ketika kita berani mengambil tanggung jawab yang besar kita akan banyak belajar dan itu akan membuat kita berkembang menjadi lebih baik lagi. Berkembang untuk mulai menjadi sosok yang dewasa dan membuat kita lebih matang untuk mengambil setiap keputusan dan pilihan yang akan datang dikemudian hari.

            Semakin kita menjadi dewasa maka semakin banyak tanggung jawab yang akan kita pikul. Maka dari itu mulai dari sekarang mari kita menjadi sosok yang bertanggung jawab. Karena tanggung jawab adalah pilihan untuk menjadi lebik baik.

0 komentar:

Posting Komentar