Waspala

Subscribe:

Selasa, 26 Mei 2015

Kebudayaan Yang Membangun Bangsa






Masih banyak orang yang bingung mengenai perbedaan antara kebudayaan dan budaya. Secara singkat dapat dikatakan kebudayaan itu merupakan hasil dari budaya. Kebudayaan merupakan sesuatu yang sulit dipahami dengan mudah, diperlukan pemahaman definisi yang mendalam untuk dapat memahaminya.

Kebudayaan di setiap daerah umumnya berbeda. Begitu juga kebudayaan di Indonesia yang berbeda dengan daerah lain namun masih memiliki kesamaan dengan daerah yang lokasinya berdekatan.

Sayangnya sekarang ini banyak yang sudah melupakan tentang kebudayaan di Indonesia karena adanya pengaruh dari globalisasi sehingga kebudayaan asing masuk ke Indonesia dengan mudah. Karena itu marilah kita mengenal kebudayaan yang ada Indonesia.

Kebudayaan pertama yang harus diketahui yaitu gotong-royong. Gotong-royong merupakan kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan bersama-sama. Gotong-royong mirip dengan bekerja sama tetapi sedikit berbeda. Bekerja sama merupakan kegiatan yang dilakukan oleh beberapa orang yang memiliki tujuan yang sama. Gotong-royong merupakan kegiatan yang dilakukan beberapa orang yang secara sukarela saling membantu.

Kebudayaan kedua  yaitu menghormati orang yang lebih tua. Di Indonesia ini dilakukan dengan beberapa cara seperti mencium tangan atau menundukan kepala ketika berbicara dengan orang tua. Ini mungkin berbeda dengan kebudayaan barat yang justru menganggap tidak sopan ketika berbicara tidak melihat mata dari lawan bicara walaupun dia lebih tua.

Kebudayaan ketiga yaitu saling berkumpul dengan tetangga atau orang yang dekat. Kegiatan ini masih sering dilakukan di desa dimana  warga dari suatu desa saling berkumpul di balai desa dan membicarakan masalah yang ada di desa itu selain itu tujuannya adalah untuk meningkatkan hubungan dengan tetangga sekitar. Sayangnya ini sudah jarang ditemui di daerah perkotaan karena masyarakat perkotaan yang sibuk.


Sebetulnya masih banyak kebudayaan lain yang ada di Indonesia namun untuk saat ini hanya itu saja yang dapat disampaikan. Selain kebudayaan yang bersifat positif ada beberapa juga kebudayaan yang yang bersifat negatif namun itu akan dibahas dilain waktu. 

0 komentar:

Posting Komentar