Waspala

Subscribe:

Senin, 12 Juni 2017

Konsep Waterfront pada Avenue of Star, Hongkong



Waterfront adalah konsep pengembangan daerah tepian air baik itu tepi pantai, sungai ataupun danau. Pengertian “waterfront” dalam Bahasa Indonesia secara harafiah adalah daerah tepi laut, bagian kota yang berbatasan dengan air, daerah pelabuhan. 

Waterfront City juga dapat diartikan suatu proses dari hasil pembangunan yang memiliki kontak visual dan fisik dengan air dan bagian dari upaya pengembangan wilayah perkotaan yang secara fisik alamnya berada dekat dengan air dimana bentuk pengembangan pembangunan wajah kota yang terjadi berorientasi ke arah perairan.



Prinsip perancangan waterfront city adalah dasar-dasar penataan kota atau kawasan yang memasukan berbagai aspek pertimbangan dan komponen penataan untuk mencapai suatu perancangan kota atau kawasan yang baik. Kawasan tepi air merupakan lahan atau area yang terletak berbatasan dengan air seperti kota yang menghadap ke laut, sungai, danau atau sejenisnya. 

Bila dihubungkan dengan pembangunan kota, kawasan tepi air adalah area yang dibatasi oleh air dari komunitasnya yang dalam pengembangannya mampu memasukkan nilai manusia, yaitu kebutuhan akan ruang publik dan nilai alami.


Salah satu contoh penerapan konsep waterfront yaitu Avenue of star yang terletak di wilayah sim sha tsui, Hongkong. Pada wilayah ini terdapat tempat pejalan kaki yang menghadap langsung ke lepas pantai dan menghadap ke wilayah central, hongkong yang terdapat di seberang lautan.


Konsep ini terlihat jelas pada posisi tempat duduk dan juga jalur pedestriannya yang seolah-olah memberikan kesan untuk menatap laut yang ada di depannya. Fungsi dari avenue of star ini sendiri untuk sarana rekreasi wisatawan lokal maupun dari luar negeri, sebagai pusat komunitas publik untuk wilayah sim sha tsui dan juga sebagai sarana apresiasi penghargaan kepada para bintang film hongkong yang terkenal dan memberikan dampak positif bagi dunia film hongkong.



Sumber:
http://www.seputarsulut.com/konsep-waterfront-city-solusi-mengelolah-bantaran-sungai/

0 komentar:

Posting Komentar