Waspala

Subscribe:

Jumat, 22 Januari 2016

Proses Perancangan 5 Langkah Tim Mc. Ginty



Proses perencanaan merupakan gambaran  proses  yang  berlangsung  dari suatu keadaan awal sampai suatu keadaaan masa depan, yang di bayangkan dengan menjelaskan kegiatan-kegiatan yang di lakukan didalamnya. Perancangan dalam konteks arsitektur adalah usulan pokok yang mengubah sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu yang lebih baik.

Langkah-langkah dalam proses perancangan ini adalah
•          Permulaan
•          Persiapan
•          Pengajuan Usul
•          Evaluasi
•          Tindakan


1      Permulaan

Proses ini merupakan tahap awal yang sangat penting. setiap informasi yang didapat pada proses ini mempengaruhi proses selanjutnya sehingga proses ini harus dilakukan dengan teliti.

Proses permulaan meliputi pengalaman & batasan masalah yang akan dibenahi melalui serangkaian  wawancara.

Aspek lain dari proses ini adalah meliputi peranan imajinasi & aspirasi. Arsitek menyediakan imajinasi kritis dalam bidang keahliannya yang mendorong aspirasi-aspirasi klien untuk meningkatkan mutu tata lingkungan binaan ( Built Enviroment ).

2      Persiapan

Langkah ke dua ini meliputi pengumpulan & analisis informasi mengenai masalah yang akan dibenahi
•        Secara spesifik proses persiapan meliputi pengumpulan secara sistematis & analisis informasi tentang suatu proyek tertentu.
•        Kegiatan yang disebut “Pemograman“ ini menghasilkan suatu laporan tertulis dengan ikhtisar kebutuhan-kebutuhan suatu proyek & dapat memuat analisa luas yang mengidentifikasi persoalan- persoalan penting yang harus dibenahi.

3      Pengajuan  Usul

•          proses pengajuan usul desain sering disebut juga "Sintesa“ yaitu usulan-usulan perancang yang harus menghimpun berbagai penimbangan dari konteks sosisal, ekonomi, fisik, program, tempat, klien, teknologi, estetika, & nilai-nilai perancangan.

•          Usulan-usulan ini merupakan suatu peragaan fisik dari integrasi
sejumlah persoalan besar.

Perancang sering membuat gambar-gambar permulaan tumpang tindih guna merekam dampak informasi pada pemecahan & menyelidiki potensi-potensi susunan fisik & bentuk yang berbeda-beda.
Pemeriksaan gambar-gambar ini menuntun perancang dari asumsi-asumsi permulaan perancang ke pemecahan yang dusulkan.


4      Evaluasi


Evaluasi dari rancangan arsitek terjadi pada beberapa skala & bermacam-macam peserta.
Pembahasan ini berpusat pada evaluasi usul-usul alternatif yang di anjurkan perancang.
Evaluasi usul-usul yang dilakukan oleh arsitek meliputi perbandingan pemecahan-pemecahan rancangan yang diusulkan dengan tujuan-tujuan & kriteria yang di kembangkan dalam tahap pemrogaraman.


5      Tindakan



Yang termasuk dalam tahap tindakan dalam proses perancangan adalah kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan mempersiapkan & melaksanaan suatu proyek, seperti menyiapkan dokumen-dokumen konstruksi & pemilihan kontraktor yang termasuk dalam dokumen-dokumen konstruksi adalah gambar-gambar kerja & spesifikasi-spesifikasi tertulis untuk bangunan.


Setiap proses diatas dilakukan secara berurutan supaya mendapatkan hasil yang maksimal dan lebih mudah. meskipun begitu proses perancangan tidak bersifat kaku sehingga masih dapat berubah sesuai kebutuhan namun harus tetap sesuai dengan prinsip dasarnya.

sumber: perancangan image

0 komentar:

Posting Komentar