Waspala

Subscribe:

Selasa, 10 Januari 2017

Merespon Taman Kencana Bogor




Taman Kencana merupakan taman kecil di antara area hijau di Kota Bogor yang semakin lama semakin menghilang seiring dengan kemajuan pembangunan kota. Taman ini merupakan salah satu peninggalan zaman Belanda. Didukung dengan suasana di sekitarnya yang masih rindang dengan pepohonan, taman ini sekaligus menjadi tempat rekreasi dan semacam titik pertemuan bagi sebagian masyarakat Kota Bogor, apalagi dengan kemunculan penjual-penjual makanan pinggiran jalan maupun outlet-outlet makanan di rumah-rumah di sekitarnya.            

Taman Kencana akan menjadi sangat ramai pada hari Minggu. Tempat ini menjadi salah satu tujuan akhir para pelari pagi warga Bogor setelah lelah berolahraga mengelilingi Kebun Raya Bogor ataupun Lapangan Sempur.            

Taman Kencana pada awalnya dikenal sebagai Van Imhoff Plein alias Van Imhoff Square. Pembangunan taman ini dilakukan bersamaan dengan pengembangan kota Bogor (alias Buitenzorg masa itu) yang dimulai perencanaannya tahun 1917.            Situasi kawasan Taman Kencana saat ini bisa dikata masih memiliki banyak sisa-sisa dari masa kolonial. Banyak bangunan di sekitar masih dalam bentuk asli berarsitektur Indo-Eropa.
Meskipun demikian sejak berkembangnya Bogor kawasan ini sudah mengalami perubahan drastis. Pemanfaatan bangunan sebagai sebuah tempat usaha telah mengubah banyak struktur bangunan. Sehingga ciri khas arsitektur Indo-Eropa di kawasan ini mulai terancam.
            

Selain masalah hilangnya unsur sejarah yang ada pada daerah taman kencana juga terdapat masalah lain yang muncul. Salah satunya yaitu kondisi lalu lintas yang ada di sekitar taman kencana yang semakin padat. Lokasi taman yang yang langsung dikelilingi jalan raya yang cukup ramai sangat menggangu pengunjung yang datang.
Dengan kebisingan yang tinggi dari kendaraan bermotor kemudian banyaknya pedagang yang berada di sekitar taman membuat pengunjung semakin merasa tidak nyaman sehingga unsur taman kota yang seharusnya menjadi sarana rekreasi dan sosialisasi terganggu.
Selain itu juga lahan parkir yang tersedia di sekitar taman kencana sangat sedikit sehingga banyak pengendara kendaraan bermotor yang parkir kendaraan sembarangan dan memperburuk kondisi lalu lintas yang kemudian berdampak dengan semakin tingginya tingkat kebisingan.
           
Kesimpulan
Taman kencana merupakan tempat berkumpulnya warga kota bogor sekaligus merupakan tempat rekreasi dan istirahat. Di sekitar taman ini juga terdapat banyak tempat makan. Posisinya yang strategis menjadi titik pertemuan bagi warga sekitar.
Namun kondisi taman yang cukup baik dan strategis tidak didukung oleh sarana dan prasarana disekitar lingkungan taman sehingga membuat kondisi pengunjung sangat terganggu.

Respon positif :

  • Menjadikan sarana rekreasi warga
  • Menjadi daerah dengan perputaran ekonomi yang tinggi
  • Terdapat nilai sejarah


Respon Negatif :
  •  Kurangnya sarana dan  prasarana pendukung sehingga manfaatnya kurang optimal
  • Banyaknya pedagang kaki lima dan parkir sembarangan dapat mengganggu kondisi lalu lintas.
S  Sumber: Taman Kencana

0 komentar:

Posting Komentar