Waspala

Subscribe:

Jumat, 29 Mei 2015

Keadilan Yang Tersembunyi Dalam Hukum







Hukum merupakan sesuatu yang penting dalam masyarakat. Hokum sifatnya mengikat bagi setiap orang. Karena sifatnya itulah maka hokum bertindak sama baik itu untung golongan atas atau golongan bawah.

Hukum yang baik adalah hukum yang dibuat dengan adil dengan tujuan untuk mencegah atau memberi hukuman pada seseorang. Hukum berfungsi sebagai pengendali dan kontrol terhadap tindakan manusia.

Kita semua berharapa bahwa hukum bersifat adil tanpa adanya perbedaan. Namun belakangan ini masyarakat mulai berfikir kritis dan mempertanyakan apakah hukum itu adil.

Keadilan merupakan sesuatu yang sulit untuk dipahami karena adil itu sendiri kita tidak tahu secara pasti. Keadilan menjadi sebuah teka-teki yang sulit untuk dimengerti. Karena adil tidak dapat diukur dengan pasti itu adalah sesuatu yang hanya di ukur berdasar apa yang kita pikir.

Di Indonesia sendiri keadilan ini masih menjadi hal yang harus diperbaiki dalam hal hukum namun yang menjadi masalah adalah ada banyak pihak yang terlibat sehingga hukum itu tercipta dan akhirnya ditegakkan.

Untuk membuat suatu hukum yang baik diperlukan banyak pertimbangan dari banyak orang yang memang ahli di bidang hukum. Kemudian untuk menegakkannya di perlukan orang yang berbeda contohnya polisi atau hakim.Jika kita berfikir bahwa hukum di Indonesia tidak adil lalu yang dimaksud adil itu seperti apa?

Seharusnya kita mulai berfikir secara kritis mengenai hal tersebut. Yang jadi masalah disini adalah menyalahkan hukum secara luas dan mengatakan bahwa hukum di suatu negara itu tidak adil. Padahal hukum dibuat sebaik mungkin oleh para ahlinya. Yang membuat itu tidak adil karena adanya beberapa orang yang menjadi oknum dan tidak menjalankan tidak semestinya.

Seharusnya kita mulai menghilangkan pandangan bahwa hukum itu tidak adil. Hukum yang dibuat manusia bisa menjadi adil  atau tidak adil karena itu tergantung bagaimana pandangan orang yang melihatnya. Maka dari itu dari pada mempermasalahkan hukum yang adil atau tidak adil lebih baik kita menjadikan diri kita lebih baik lagi dan mulai untuk menjalankan keadilan. Karena bagaimana mungkin kita mengatakan sesuatu itu tidak adil jika kita tidak pernah mencoba untuk berbuat adil.

0 komentar:

Posting Komentar