Waspala

Subscribe:

Rabu, 15 Oktober 2014

Ilmu Sosial Dasar: Pemuda & Sosialisasi

PEMUDA DAN SOSIALISASI



Pemuda
  Pasal 1 ayat (1) UU 1 ayat (1) UU No. 40 Tahun 2009 Kepemudaan menyebutkan Pemuda adalah Warga Negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun.
  Selain itu, pemuda adalah individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional, sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini maupun masa datang. Sebagai calon generasi penerus yang akan menggantikan generasi sebelumnya.

Sosialisasi
sosialisasi merupakan proses belajar mengajar mengenai pola-pola tindakan interaksi dalam masyarakat sesuai dengan peran dan status sosial yang dijalankan masing-masing. Dengan proses itu, individu akan mengetahui dan menjalankan hak dan kewajibannya berdasarkan peran status masing-masing dan kebudayaan suatu masyarakat.

Melalui proses belajar semacam ini, seseorang juga mempelajari kebiasaan-kebiasaan, norma-norma, perilaku, peran, dan semua aturan yang berlaku di masyarakat. Proses mempelajari unsur-unsur budaya suatu masyarakat inilah yang disebut dengan sosialisasi. 


hubungan pemuda dan sosialisasi
            pemuda adalah individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional. Karena masih dalam tahap perkembangan sehingga pemuda memerlukan interaksi sosial dan sosialisasi. Sosialisasi itu sendiri dapat mempengaruhi proses pemikiran dan perkembangan dari pemuda sehingga sangat jelas pemuda dan sosialisasi memiliki kaitan yang sangat erat.
            Pemuda dengan sosialisasi yang baik akan membentuk karakter yang baik juga sehingga pemuda tersebut diharapkan akan menjadi penerus bangsa yang beguna dan menjadikan bangsa lebih baik lagi. Selain itu juga pemuda tersebut dapat memiliki peranan dalam masyarakat dan membentuk masyarakat yang lebih baik lagi. 

gambar disamping menunjukan interaksi antara pemuda yang saling berinteraksi dan bersosialisasi. proses sosialisasi yang positif dapat membentuk karakter yang baik dan akan menjadi penerus bangsa yang berguna. 







referensi: PEMUDA SOSIALISASI

0 komentar:

Posting Komentar