Waspala

Subscribe:

Rabu, 15 Oktober 2014

Ilmu Sosial Dasar : PENDUDUK DAN MASYARAKAT


PENDUDUK DAN MASYARAKAT

Penduduk
Menurut UUD 1945 pasal 26 penduduk adalah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia. Selain itu dapat dikatakan penduduk adalah orang-orang yang berada di dalam suatu wilayah yang terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dan saling berinteraksi satu sama lain secara terus menerus. Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.

Masyarakat
            Masyarakat adalah kelompok individu-individu yang saling berinteraksi dalam kehidupan mereka terutama melakukan interaksi sosial yang berkembang dalam wilayah tertentu yang cukup luas.  Selain itu masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), Kata society berasal dari bahasa latin, societas, yang berarti hubungan persahabatan dengan yang lain. Societas diturunkan dari kata socius yang berarti teman, sehingga arti society berhubungan erat dengan kata sosial. Secara implisit, kata society mengandung makna bahwa setiap anggotanya mempunyai perhatian dan kepentingan yang sama dalam mencapai tujuan bersama dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut


Hubungan penduduk dan masyarakat
            Hubungan penduduk dan masyarakat sangat berkaitan. penduduk adalah orang-orang yang berada di dalam suatu wilayah yang terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dan saling berinteraksi satu sama lain secara terus menerus. Interaksi tersebut membentuk interaksi sosial yang berkembang dalam cakupan wilayah tertentu yang cukup luas dan membentuk apa yang dinamakan dengan masyarakat. 


foto disamping menunjukan interaksi antara penduduk yang ada di dalam suatu masyarakat. penduduk adalah orang-orang yang berada dalam suatu wilayah sehingga  dapat dikatakan pengendara kendaraan bermotor,pejalan kaki atau pedagang merupakan penduduk yang berinteraksi dalam masyarakat.





referensi: PENDUDUK MASYARAKAT


0 komentar:

Posting Komentar