Waspala

Subscribe:

Rabu, 07 Januari 2015

Ilmu Sosial Dasar: Pertentangan Sosial dan Integrasi Masyarakat

Pertentangan sosial


Pertentangan sosial adalah suatu konflik yang biasanya timbul akibat faktor-faktor sosial yang ada dalam masyarakat itu. Pertentangan sosial ini merupakan dampak dari adanya perbedaan-perbedaan dari norma yang menyimpang di kehidupan masyarakat. Pertentangan sosial dapat terjadi di dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya pertentangan sosial, antara lan:
• Rasa iri antara satu sama lain
• Adanya rasa tidak puas dengan perlakuan atau tindakan yang diterima dan diberikan oleh orang lain
• Adanya adu domba diantara masyarakat, kelompok, atau di dalam pemerintahan

gambar ini menunjukan pertentangan sosial yang terjadi dalam masyarakat yaitu tawuran. Tawuran ini biasanya terjadi di kalangan akademik baik pelajar maupun mahasiswa, namun terkadang bisa terjadi juga diantara suatu kelompok masyarakat tertentu. Tawuran ini terjadi akibat adanya tindakan yang dapat mengakibatkan pertentangan sosial. Namun ada juga yang terjadi akibat masalah pribadi seseorang.

Integrasi Masyarakat


Integrasi berasal dari bahasa inggris “integration” yang berarti kesempurnaan atau keseluruhan. Dapat dikatakan pula integrasi masyarakat adalah proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda di dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan bermasyarakat yang memiliki keserasian fungsi.
Jadi integrasi dalam masyarakat dapat dikatakan sebagai suatu keadaan dimana kelompok-kelompok etnik tertentu dapat beradaptasi dengan kebudayaan mayoritas di sekitar masyarakat khususnya di lingkungan yang mereka tempati namun tanpa menghilangkan kebudayaan mereka sendiri. Integrasi ini juga bisa sebagai pengendali atas konflik dan penyimpangan sosial dalam suatu sistem tertentu.
Gambar ini merupakan contoh dari integrasi masyarakat yaitu kegiatan gotong-royong yang dilakukan oleh warga. Kegiatan itu sendiri merupakan bentuk pengendali atas konflik yang terjadi akibat pertentangan sosial dan menunujukan masih adanya integrasi dalam masyarakat tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar