Waspala

Subscribe:

Rabu, 19 November 2014

Ilmu Sosial Dasar : PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT

pelapisan sosial


Menurut P.J. Bouman, pelapisan sosial adalah golongan manusia yang ditandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hak istimewa tertentu.Oleh karena itu, mereka menuntut gengsi kemasyarakatan. Hal tersebut dapat dilihat dalam kehidupan anggota masyarakat yang berada di kelas tinggi. Seseorang yang berada di kelas tinggi mempunyai hak-hak istimewa dibanding yang berada di kelas rendah.

persamaan derajat


Persamaan derajat adalah persamaan yang dimiliki oleh diri pribadi kepada diri orang lain ataupun masyarakat,biasanya persamaan derajat itu dapat dinyatakan dengan HAM Hak Asasi Manusia yang telah diatur dalam UU. Kesamaan derajat  juga adalah sifat perhubungan antara manusia dengan lingkungan masyarakat umumnya timbal balik artinya orang sebagai anggota masyarakat mempunyai hak dan kewajiban, baik terhadap masyarakat maupun terhadap pemerintah negara

hubungan pelapisan sosial dan kesamaan derajat

hubungan pelapisan sosial dan kesamaan derajat dapat dilihat dari hak dan kewajibannya. bagi orang yang memiliki lapisan sosial tertinggi di lingkungannya , maka orang itu juga akan mendapatkan sesuatu yang istimewa di masyarakatnya, seperti dihormati , dihargai , serta memiliki wibawa yang tinggi tapi meskipun begitu dalam hal kesamaan derajat golongan atas tetap memiliki kewajiban sebagai warga negara.





Gambar itu menunjukan tentang kesamaan derajat di masyarakat. Masyarakat golongan atas atau golongan bawah sama-sama memiliki kewajiban untuk menaati peraturan yang ada. Contohnya  itu sepeda motor atau mobil sama-sama menaati rambu lalu lintas sehingga terlihat bentuk kesamaan derajat dalam hal kewajiban.










0 komentar:

Posting Komentar